Ada
tiga faktor utama yang menentukan seberapa sehat seseorang (Smith 1992):
Genetika
Lingkungan
Gaya hidup
Faktor genetik tidak dapat diubah tapi bagaimana individu dipengaruhi oleh gen mereka yaitu bagaimana
Genetika
Semua orang lahir dengan seperangkat materi genetik
yang mengontrol pertumbuhan masa depan mereka dan perkembangan serta menentukan
potensi mereka. ketinggian maksimum yang bisa dimiliki seseorang ditentukan oleh gen mereka, tetapi mereka
tidak akan mencapai ketinggian yang maksimum jika mereka kurang gizi atau
menderita infeksi berulang saat mereka tumbuh. contoh penyakitnya seperti
thalasaemia (kegagalan pembentukkan sel darah merah).
Beberapa faktor yang
mempengaruhi kesehatan
Pembuatan Genetik
Kebutuhan
dasar
|
kehangatan
dan tempat berteduh, makanan dan air, kebebasan dari kekerasan fisik
|
Lingkungan
fisik
|
perumahan,
air minum / air limbah, kualitas udara, kualitas makanan dan keamanan, jalan,
transportasi, kebisingan, berjalan, tempat.
|
Gaya
hidup
|
merokok,
makan, minum, berolahraga, penggunaan narkoba, penggunaan pelayanan medis
|
kendala
Lingkungan dari gaya hidup
|
ketersediaan
fasilitas (contoh :. toko pilihan Makanan, iklan, tekanan budaya, pendidikan.
Pembuatan Genetik |
Lingkungan
Kondisi
di mana seseorang hidup memiliki dampak besar pada bagaimana kesehatan mereka. Perbaikan di bidang kesehatan yang tampak
di awal abad ini sebagian besar
disebabkan oleh lingkungan fisik.
Minum air bersih
Banyak penyakit
menular seperti kolera, tipus dan polio tercacat
disebabkan oleh air. Organisme yang menyebabkan
penyakit ini bisa masuk ke air minum jika kotoran manusia tidak dibuang dengan
benar. Salah satu prestasi besar dari Victoria adalah membangun sistem
pembuangan limbah dan air untuk publik bahwa pasokan air minum menjadi aman.
Banyak negara di dunia yang masih belum menikmati manfaatnya (Diamant 1992).
Bahkan di negara
maju, pasokan air kadang-kadang terkontaminasi.terakhir Ada beberapa wabah diare
yang menular pada anak-anak di Inggris disebabkan oleh
cryptosporidium. Dapat dipastikan
hal ini terjadi karena kontaminasi persediaan air dengan
organisme protozoa (DepKes 1990).
Air tidak hanya
harus bebas dari penyakit dan penyebab mikro-organisme tetapi juga harus
bebas dari zat berbahaya lainnya (Monkley-Poole 1992). Bahkan jika air di rumah murni, air yang keluar dari keran
mungkin memiliki tingkat cukup tinggi
logam beracun timbal dan lainnya. Hal ini karena banyak rumah masih
memiliki pipa timah dari logam beracun yang masuk ke dalam pasokan dalam negeri.
Rekreasi air
Sejumlah
besar pantai Inggris terkontaminasi limbah. Perenang bisa terkena risiko
infeksi dari organisme feses. Banyak sungai dan kanal juga sangat tercemar
sehingga hampir tidak ada tanaman atau hewan dapat bertahan hidup di dalamnya
(Walker 1992).
Perumahan
Kehangatan dan
tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan paling mendasar manusia. Masyarakat
yang tinggal di tempat yang dingin,
lembab memungkinkan untuk terkena asma dan infeksi
pernapasan. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak.
Perumahan yang
padat meningkatkan kemungkinan penularan penyakit infeksi psikologis. Kemiskinan dan pemeliharaan yang
buruk dapat memperbesar risiko kecelakaan dalam rumah.
Banyak kota-kota
besar mempunyai
daerah kumuh di mana kondisi perumahannya
sangatlah buruk. sebagian besar digantikan oleh bangunan modern. Sayangnya
desain bangunan baru sedikit lebih baik
dibandingkan dengan bangunan yang
sangat tua. Lebih
buruk lagi, bangunan baru masyarakatnya
sering
tidak ada komunikasi dengan orang sekitar ,sehingga menambahkan masalah
isolasi dan kesepian.
Rumah
susun pada khususnya sering tidak memuaskan dan
pemeliharaannya yang sangat buruk serta penduduk
yang berada di lantai atas seperti dipenjara di rumah
mereka. Desain perumahan bijaksana memperkokoh kesehatan tidak hanya dengan
menyediakan lingkungan fisik yang aman tetapi dengan mengembangkan masyarakat yang nyata di mana
warga memiliki kontrol yang berarti dari lingkungan.
Udara
Pentingnya
kualitas udara diilustrasikan dalam kabut asap London tahun 1950-an,
yang menyebabkan jumlah kematian yang
sangat besar telah mengatakan bahwa polusi udara
memperburuk bronkitis kronis dan asma dan berperan dalam infeksi pernafasan dan
kemungkinan kanker paru-paru. Anak-anak mungkin sangat rentan .
Pollutans buatan
manusia di udara termasuk partikel asap, belerang dioksida, oksida nitrogen,
dan senyawa organik yang mudah menguap. Reaksi ini di atmosfer kemudian
menghasilkan aerosol asam dan ozon. Pembangkit listrik batubara dan minyak
pembakaran, industri dan sistem pemanas rumah tangga dapat menghasilkan jumlah
yang sangat besar partikel dan sulfur dioksida. Kendaraan bermotor merupakan
produsen penting dari nitrogen oksida dan berkontribusi pada pembentukan ozon.
Keseriusan polusi yang dihasilkan oleh sumber-sumber ini sangat tergantung pada
cara di mana bahan bakar yang digunakan, desain dan lokasi tumpukan cerobong
asap dan atmosfer.
Polusi dalam skala global
Pemanasan global
akibat 'efek rumah kaca' dari karbon dioksida, metana dan gas lainnya di
atmosfer dapat mengubah sistem iklim dan
mempengaruhi
jutaan kesehatan (McMichael
1993)
Penipisan
lapisan ozon di atmosfer oleh CFC (chlorofluorocarbonds) dan gas lain buatan manusia,
menyebabkan perlindungan terhadap radiasi ultraviolet alami berkurang , dapat
diikuti dengan resiko dengan
sangat meningkatnya kanker
kulit (WHO 1992).
Sampah dan grafiti
Anda mungkin
terkejut melihat hal ini dalam daftar faktor yang mempengaruhi kesehatan tetapi
tidak ada keraguan bahwa orang-orang tersinggung oleh sampah dan grafiti.
Hal-hal ini mungkin tidak menyebabkan penyakit fisik tetapi mengganggu kenikmatan masyarakat terhadap
lingkungan mereka dan membahayakan mental dan
kesejahteraan. Sampah dan grafiti tidak hanya
masalah dalam diri mereka, mereka juga adalah masalah dalam
masyarakat, menunjukkan perasaan keterasingan dan kurangnya perawatan untuk
lingkungan di mana kita hidup.
Sistem transportasi
Pengaruh
transportasi terhadap kesehatan harus dilihat dari sudut pandang baik dari
orang di dalam kendaraan dan di luar mereka. Mobil yang nyaman untuk pengemudi , memungkinkan
perjalanan yang cepat ke lokasi yang tepat
dan biasanya aman. Efek negatif terhadap kesehatan pengemudi kurang lebih sebagian besar dapat
diatasi dengan menggunakan waktu yang disimpan dalam perjalanan untuk latihan
rekreasi. Masalah kesehatan di
mobil sebagian besar berhubungan ke seluruh masyarakat. Pejalan kaki dan
pengguna jalan lain yang cenderung menderita
lebih jauh dalam kecelakaan lalu lintas dari penghuni
mobil apapun yang terlibat. Selanjutnya, lingkungan yang rusak oleh kebutuhan
untuk membangun jalan dengan gangguan petugas dan bahaya kesehatan dari
kebisingan, debu dan emisi (Wolff dan Gilham 1991).
Beberapa penyakit yang disebabkan karena
kekurangan gizi
GIZI
|
PENYAKIT
|
Energy
|
Malnutrisi protein energy
|
Vitamin C
|
Curang
|
Vitamin B
Niasin
Thiamin
Folat
|
Penyakit yang disebabkan oleh makanan yang kurang
baik
Beri-beri
Anemia
|
Vitamin D
|
Osteomalacia, rickets
|
Vitamin A
|
Xeropthalmia, kebutaan
|
Yodium
|
Gondok, kretinisme
|
Besi
|
Anemia
(biasanya berhubungan dengan kehilangan darah melalui usus)
|
Memilih makanan yang seimbang
Ada kecurigaan
kuat bahwa cara kita makan memegang peranan dalam menyebabkan penyakit yang umum sekarang. Terlepas dari kenyataan bahwa
kebanyakan orang makan makanan yang cukup gizi sehat , seimbang dari diet
meningkatkan risiko penyakit. Orang-orang di negeri ini cenderung mengonsumsi
makanan yang kaya lemak, terutama lemak jenuh, kaya karbohidrat olahan.
Disarankan bahwa jika kami memiliki kecenderungan ini, maka penyakit seperti
penyakit jantung (DHSS 1984; James 1988), diabetes, hipertensi (tekanan darah
tinggi) dan stroke akan menjadi kurang umum.
Mempertahankan berat badan
Menjadi sangat
kelebihan berat badan dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dan
peningkatan risiko berbagai penyakit termasuk penyakit jantung, batu empedu,
diabetes, asam urat, arthritis, dan komplikasi setelah operasi apapun. Menjadi
sangat kurus juga berhubungan dengan peningkatan risiko kematian. orang yang kelebihan berat badan hanya karena makan
terlalu banyak adalah penyederhanaan yang lebih sederhana
tetapi memang benar bahwa mengatur berat badan membutuhkan keseimbangan asupan
energi (apa yang kita makan) dan pemanfaatan energi (olahraga).
Pandangan
tentang berat badan diwarnai oleh sejumlah harapan budaya dan sterotip tidak sedikit membantu . Tidak Ada keraguan bahwa banyak orang
memiliki obsesi yang sangat dengan berat
badan mereka dan membuat diri mereka sengsara dengan upaya mengatasi berulang-ulang untuk menurunkan berat
badan dengan berdiet.jika
dipikirkan tentang bahaya medis dari kelebihan berat badan dapat memperburuk
jika mereka berhasil mengurangi berat badan mereka.
Anak-anak
Pandangan
tradisional pembelajaran anak berkonsentrasi pada ruang kelas formal di
sekolah. Namun, pengalaman dari tahun
pra-sekolah dari fondasi dasar untuk pembelajaran masa depan.
Anak adalah masa
pertumbuhan yang sangat cepat-fisik,
mental, emosional, dan sosialnya.
Adalah penting bahwa tahap perkembangan anak dianggap ketika strategi belajar mengajar yang sedang dirancang berhasil. Hal ini juga akan
diperlukan untuk mempertimbangkan orang tua dan anggota keluarga sebagai unit.
Dewasa
Kebutuhan orang
dewasa berbeda dengan anak-anak meskipun ada beberapa kesamaan. Kekayaan
pribadi dan pekerjaan.
Tabel mendidik anak
Ciri
|
Belajar melalui orang tua
|
Belajar melalui orang tua
|
Menyediakan lingkungan yang merangsang
dengan berbagai bentuk, warna dan benda bertekstur
|
Belajar melalui peniruan
|
Di
gunakan untuk mengembangkan gaya hidup
sehat
|
Belajar dari kepentingan dan rasa
ingin tahu
|
1. Libatkan anak dalam memutuskan apa
dan bagaimana belajar
2. Membuat belajar menyenangkan 3. Gunakan permainan dan imajinasi 4. Mendorong pengambilan risiko dengan cara yang terkontrol 5. Ajarkan peraturan keselamatan |
Belajar dengan baik melalui
keterlibatan aktif dan bermain
|
Mendorong mendongeng dan 'bertindak'
prosedur boneka; menggunakan buku mewarnai
|
Berpikir
secara harfiah dan hanya berkaitan dengan hal-hal aktual dan peristiwa
|
1. Gunakan sederhana, kata-kata
langsung
2. jujur - jika itu akan terasa sakit, katakan saja |
membutuhkan dukungan yang besar ketika
belajar
|
1. Konsisten menawarkan pujian
2. Jadilah konsisten dalam mengajar 3. Akui kebijaksanaan anak |
Memiliki rentang perhatian pendek
|
Membuat pengalaman belajar yang
berlangsung singkat
|
seperti
contoh dari pengalaman hidup sehari-hari
|
1. Libatkan pahlawan fiksi
2. Gunakan gambar dan model untuk menjelaskan hal-hal |
Mampu berpikir abstrak
|
Gunakan ilustrasi verbal atau
bergambar untuk penjelasan
|
Berusaha untuk mengembangkan
mengidentifikasi sendiri
|
1. Dorong anak untuk mengontrol
pembelajaran
2. Mendorong untuk memikul tanggung jawab untuk belajar |
Tua
Sebagai orang
tua mereka mengalami perubahan fisik dan fisiologis, sering kali ini terjadi
begitu umum bahwa bahkan ketikahasilya mereka adalah
salah satu proses yang lebih patologis,
mereka diterima sebagai bagian 'normal' penuaan. Hal ini sangat sulit, karena
itu, untuk menentukan apakah karena kompleksitas faktor-faktor nyata dalam
proses pembelajaran (lihat tabel di bawah).
Tabel cara mendidik orang dewasa
Ciri
|
Pedoman pendidik
|
Biasanya,belajar yang
terbaik adalah dengan menyesuaikan keadaan lingkungan
|
1. Jangan pernah menempatkan individu
pada pada keadaan yang mendesak
2. Gunakan gaya percakapan dan terminologi sederhana 3. Bersabarlah dan fleksibel 4. Mengembangkan hubungan yang baik |
Belajar paling baik dalam menanggapi
kebutuhan yang dirasakan
|
1. Fokus pertama di daerah
masing-masing mengakui sebagai kebutuhan belajar
2. Meningkatkan minat di daerah penting lainnya sebelum mencoba untuk mengajar |
Belajar terbaik ketika materi baru
terkait dengan orang tua
|
1. Berkaitan materi baru untuk
pengalaman hidup
2. Perkenalkan hanya informasi yang relevan |
terlibat secara aktif
|
1. Gunakan pendekatan pemecahan
masalah
2. Mendorong diskusi dan pertanyaan 3. Berikan arah saja bila diperlukan |
Mempertahankan belajar jika dapat, dimanfaatkan dengan
segera
|
1. Memberikan kesempatan untuk latihan
dengan umpan balik
2. Informasi kehadiran dalam urutan logis 3. Mendorong untuk meringkas |
bertanggung jawab untuk belajar
|
1. Dorong individu untuk mengendalikan
situasi belajar
2. Jangan berharap individu untuk melakukan apa yang guru tidak mampu melakukan 3. Jangan pernah melakukan apa-apa bagi individu yang bisa mereka lakukan untuk diri 4. Ingat bahwa pada akhirnya berubah di seluruh perilaku dengan individu. |
0 komentar:
Post a Comment