Sunday 6 January 2013

Sejarah Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) UNHALU

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Haluoleo didirikan pada tahun 1998 berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud R.I Nomor: 233/O/1998 tanggal 21 September 1998. Dengan berdirinya fakultas ini maka Universitas Haluoleo saat itu telah memiliki lima fakultas. Empat fakultas pertama yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Pertanian didirikan bersama diresmikannya Unhalu sebagai universitas negeri oleh Direktur Jenderal
Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Tisna Amidjaya mewakili Mendikbud pada tahun 1981 berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud R.I Nomor: 37 Tahun 1981 tanggal 14 Agustus 1981. Pada saat yang sama, juga dilantik Prof. Eddy Agussalim Mokodompit, M.A sebagai Rektor Pertama yang menjabat selama dua periode atau hingga tahun 1990. Proses pendirian FMIPA Unhalu tergolong relatif cepat bila dibanding dengan pendirian FMIPA di universitas lain di Indonesia. Ini semua berkat dukungan, bantuan dan perhatian yang sangat besar dari berbagai pihak terhadap pengembangan ilmu-ilmu dasar di kawasan Indonesia Bagian Timur termasuk Universitas Haluoleo.
Bantuan, dukungan dan perhatian itu diwujudkan melalui kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Kanada melalui CIDA (Canadian International Development Agency) dan SFU (Simon Fraser University), dengan pemerintah Australia melalui AIDAB, dengan ADB (Asian Development Bank), dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yaitu ITB, IPB, UGM dan Unhas dan lebih khusus perhatian yang besar dari Dirjen DIKTI Depdikbud. Jauh sebelum FMIPA didirikan, di Unhalu hanya ada Jurusan PMIPA yang bernaung dibawah naungan FKIP dengan empat program studi yaitu: Pendidikan Matematika, Pendidikan Biolog, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia. Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan kebutuhan pembangunan, maka rekruitmen staf bagi kebutuhan keempat program studi ini tidak lagi hanya berlatarberlakang IKIP dan FKIP tetapi juga menerima staf tamatan ilmu murni yaitu bidang matematika, fisika, kimia dan biologi. Selain itu para staf yang tadinya berlatar belakang kependidikan/keguruan memilih pendidikan lanjutan mereka dalam bidan ilmu murni (basic science) sehingga makin lama makin banyak staf jurusan PMIPA dalam bidang ini bahkan menjadi lebih banyak dari staf yang berlatar belakang kependidikan. Dari fenomena ini, oleh Prof. Dr. Ir. Soleh Salahuddin, M.Sc, selaku rektor kedua Universitas Haluoleo dipandang sebagai modal dasar dengan potensi yang besa untuk memikirkan dibukanya fakultas baru di Unhalu yaitu FMIPA dan ternyata menjadi komitmen universitas yang didukung oleh para pimpinan dan Senat Unhalu..

0 komentar:

Post a Comment

 

Lady Nang World's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template