Thursday 25 April 2013

KONSEP SISTEM INFORMASI KESEHATAN DI PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT DI KOTA KENDARI

Sehubungan tugas Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang diberikan berhubungan dengan pembuatan konsep SIK itu sendiri, maka saya akan berbagi KONSEP yang telah saya buat sendiri :

KONSEP SISTEM INFORMASI KESEHATAN DI PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT DI KOTA KENDARI

UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI TENTANG PENGAMBILAN NOMOR ANTRIAN DAN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT JALAN

               
                Untuk mempermudah, mempersingkat waktu, dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berobat di Puskesmas atau rumah sakit, dibutuhkan sistem informasi kesehatan yang baik. Konsep ini juga bertujuan dalam pengefisiensian tenaga petugas kesehatan, mengurangi biaya penggunaan alat tulis atau kertas. Dengan konsep yang saya buat, kiranya dapat memenuhi tujuan tersebut dalam pengoptimalan pelayanan kesehatan.
                Konsep tersebut dimulai dengan masyarakat dapat mengakses pendaftaran atau pengambilan nomor antrian dengan online. Baik dari rumah, puskesmas, rumah sakit, atau dimanapun mereka berada dan didukung dengan fasilitas jaringan internet, perangkat komputer, laptop, maupun smartphone melalui website resmi masing-masing Puskesmas atau Rumah Sakit. Pengambilan nomor antrian secara online ini dapat dilakukan di Puskesmas atau di Rumah sakit itu sendiri dengan menggunakan perangkat yang disediakan. Nomor antrian disertai dengan nama pasien dan waktu dimana pasien sudah harus berada di Puskesmas maupun Rumah Sakit.
Pengambilan nomor antrian ini sangat membantu pasien jika kondisi Puskesmas ataupun Rumah Sakit sedang ramai. Pemanggilan nomor antrian juga harus ditampilkan oleh monitor di ruang tunggu.
                Kemudian, harus tercatatnya rekam medis pasien dan dapat diakses oleh dokter, apoteker, dan petugas kesehatan yang berkepentingan. Dengan memdaftarnya pasien secara online, Konsep ini mempersingkat waktu petugas dan pasien yang tidak perlu lagi mencari rekam medis yang ditulis secara manual. Petugas dapat memasukkan data pasien disertai rekam medis melalui komputer dan dapat diakses oleh petugas lainnya dengan menggunakan akses LAN (Local Area Network).
                Jelasnya konsep ini dimulai dengan langkah pertama :
1.       Penyedian website resmi puskesmas atau rumah sakit yang dapat diakses oleh masyarakat.
2.       Adanya tab(pilihan) atau loket pendaftaran pasien.
3.       Tersedianya loket pendaftaran khusus di puskesmas atau rumah sakit dengan sistem komputerisasi yang sama dengan website atau pendaftaran online
4.       Pendaftaran pasien disertai dengan segala identitas yang dianggap penting dan diperlukan. Pada proses ini pasien mendapatkan informasi nomor antrian dan jam atau waktu pemanggilan nomor antrian.
5.       Dengan terdaftarnya pasien, rekam medis pasien tersebut telah tersedia di seluruh komputer yang berada di puskesmas dan rumah sakit bagian Pasien Rawat Jalan, kecuali perangkat komputer loket pendaftaran.
6.       Jika pasien terdaftar sebagai pasien baru maka rekam medisnya juga sudah tersedia namun kosong.
7.       Tersedianya pengeras suara (audio speaker) dan monitor untuk pemanggilan nomor antrian.
8.       Ketika dalam pemeriksaan pasien, dokter yang memeriksa menuliskan resep dan resep tersebut dapat diakses langsung oleh apoteker.
9.       Pemanggilan pasien di apoteker puskesmas atau rumah sakit juga harus dengan pengeras suara dan monitor.

                Adapun perangkat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1.       Petugas Kesehatan yang kompeten dalam bidang penginputan data pasien. Dalam hal ini dibutuhkan tenaga purna waktu yang ahli dalam penginputan data, ahli komputer, dan perekam medic.
2.       Perangkat komputer
3.       Jaringan Internet
4.       Monitor
5.       Audio speaker atau pengeras suara
       
                *catatan :
·         Pemerintah Daerah Kota Kendari dan Dinas Kesehatan bekerja sama dalam menciptakan aturan yang mengharuskan kepada setiap orang yang terlibat bertanggung jawab dengan apa yang ditugaskan dan apabila tidak memenuhi akan dikenakan sanksi yang seharusnya.

TUGAS

SISTEM INFORMASI KESEHATAN



OLEH :

DINA AMALIA ZAINUDDIN
F1D2 11 004
KESMAS REGULER A

UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2013

0 komentar:

Post a Comment

 

Lady Nang World's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template