Thursday 2 May 2013

TUBERKULOSIS

AWAS 3B (BUKAN BATUK BIASA)
 
WASPADA TERHADAP PENYAKIT TUBERKULOSIS !

Tuberkulosis atau TB (TBC) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia.

Tuberkulosis masih merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang tersering di Indonesia. Keterlambatan dalam menegakkan diagnosa dan ketidakpatuhan dalam menjalani pengobatan menyebabkan tidak sembuhnya penderita TBC dan pertambahan jumlah penderita karena penularan bakteri dari penderita.


“Tuberkulosis menyebabkan kematian jika dalam pengobatannya tidak teratur dan sesuai dengan resep dokter.”

Cara Penularan :
·         Ketika penderita batuk, bersin, atau berbicara, penderita menyebarkan bakteri ke udara dan akan masuk ke tubuh orang lain yang berada di sekitar penderita melalui saluran pernapasan. Mycobacterium Tuberculosis dapat bertahan hidup di udara selama 2 jam jika terkena sinar matahari terus menerus.
·         Melalui dahak yang dikeluarkan oleh penderita. Mycobacterium Tuberculosis dapat bertahan hidup di dahak selama 20 – 30 jam.
·         Mycobacterium Tuberculosis dapat menyebar dari paru ke bagian tubuh lainnya, melalui sistem peredaran darah, sistem saluran limfe, saluran pernapasan atau menyebar langsung ke bagian tubuh lainnya.

Gejala TBC :
1.       Gejala Sistemik / Umum
·         Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari diserai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul.
·         Penurunan nafsu makan dan berat badan.
·         Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah)
·         Perasaan tidak enak dan lemah.
 
 
2.       Gejala Khusus
·         Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar akan menimbulkan suara “mengi”, suara nafas melemah yang disertai sesak.
·         Kalau ada cairan di rongga pleura (pembungkus paru-paru) dapat disertai dengan keluhan sakit dada.
·         Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.
·         Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak), gejalanya adalah demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang.

  
"JIKA ANDA ATAU ORANG TERDEKAT ANDA MENGALAMI GEJALA-GEJALA TBC SEGERA PERIKSA KE PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT TERDEKAT"


0 komentar:

Post a Comment

 

Lady Nang World's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template