Tuesday, 22 January 2013

FAKTOR - FAKTOR PENENTU KESEHATAN

Ada tiga faktor utama yang menentukan seberapa sehat seseorang (Smith 1992):
Genetika 
 Lingkungan
Gaya hidup


Faktor genetik tidak dapat diubah tapi bagaimana individu dipengaruhi oleh gen mereka yaitu bagaimana
cara mereka menjalani hidup. Lingkungan mengacu pada aspek lingkungan seseorang seperti perumahan mereka, lingkungan mereka, air yang mereka minum dan udara yang mereka hirup. Gaya hidup mengacu pada aspek cara orang hidup di mana mereka memiliki kendali, seperti merokok, makan, dan minum.

Genetika
Semua orang lahir dengan seperangkat materi genetik yang mengontrol pertumbuhan masa depan mereka dan perkembangan serta menentukan potensi mereka. ketinggian maksimum yang bisa dimiliki seseorang  ditentukan oleh gen mereka, tetapi mereka tidak akan mencapai ketinggian yang maksimum jika mereka kurang gizi atau menderita infeksi berulang saat mereka tumbuh. contoh penyakitnya seperti thalasaemia (kegagalan pembentukkan sel darah merah). 
Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan
Pembuatan Genetik
Kebutuhan dasar
kehangatan dan tempat berteduh, makanan dan air, kebebasan dari kekerasan fisik 
Lingkungan fisik
perumahan, air minum / air limbah, kualitas udara, kualitas makanan dan keamanan, jalan, transportasi, kebisingan, berjalan, tempat. 
Gaya hidup
merokok, makan, minum, berolahraga, penggunaan narkoba, penggunaan pelayanan medis 
kendala Lingkungan dari gaya hidup
ketersediaan fasilitas (contoh :. toko pilihan Makanan, iklan, tekanan budaya, pendidikan.
Pembuatan Genetik  

Lingkungan
Kondisi di mana seseorang hidup memiliki dampak besar pada bagaimana kesehatan mereka. Perbaikan di bidang kesehatan yang tampak di  awal abad ini sebagian besar disebabkan oleh lingkungan fisik.
Minum air bersih

Banyak penyakit menular seperti kolera, tipus dan  polio tercacat disebabkan oleh air. Organisme yang menyebabkan penyakit ini bisa masuk ke air minum jika kotoran manusia tidak dibuang dengan benar. Salah satu prestasi besar dari Victoria adalah membangun sistem pembuangan limbah dan air untuk publik bahwa pasokan air minum menjadi aman. Banyak negara di dunia yang  masih belum menikmati manfaatnya (Diamant 1992).
Bahkan di negara maju, pasokan air kadang-kadang terkontaminasi.terakhir Ada beberapa wabah  diare yang menular pada anak-anak di Inggris disebabkan oleh cryptosporidium. Dapat dipastikan hal ini terjadi karena kontaminasi persediaan air dengan organisme protozoa (DepKes 1990).
Air tidak hanya harus bebas dari penyakit dan  penyebab mikro-organisme tetapi juga harus bebas dari zat berbahaya lainnya (Monkley-Poole 1992). Bahkan jika air di  rumah murni, air yang keluar dari keran mungkin memiliki tingkat cukup tinggi  logam beracun timbal dan lainnya. Hal ini karena banyak rumah masih memiliki pipa timah dari logam beracun yang masuk ke dalam pasokan dalam negeri.

Rekreasi air
Sejumlah besar pantai Inggris terkontaminasi limbah. Perenang bisa terkena risiko infeksi dari organisme feses. Banyak sungai dan kanal juga sangat tercemar sehingga hampir tidak ada tanaman atau hewan dapat bertahan hidup di dalamnya (Walker 1992).

Perumahan
Kehangatan dan tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan paling mendasar manusia. Masyarakat yang tinggal di tempat yang dingin, lembab memungkinkan untuk terkena asma dan infeksi pernapasan. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak.
Perumahan yang padat meningkatkan kemungkinan penularan penyakit infeksi psikologis. Kemiskinan dan pemeliharaan yang buruk dapat memperbesar risiko kecelakaan dalam rumah.
Banyak kota-kota besar  mempunyai daerah kumuh di mana kondisi perumahannya sangatlah buruk. sebagian besar digantikan oleh bangunan modern. Sayangnya desain bangunan baru  sedikit lebih baik dibandingkan dengan bangunan yang sangat tua. Lebih buruk lagi, bangunan baru masyarakatnya sering tidak ada komunikasi dengan orang sekitar ,sehingga menambahkan masalah isolasi dan kesepian.
Rumah susun pada khususnya sering tidak memuaskan dan pemeliharaannya yang sangat  buruk serta  penduduk yang berada di lantai atas seperti dipenjara di rumah mereka. Desain perumahan bijaksana memperkokoh kesehatan tidak hanya dengan menyediakan lingkungan fisik yang aman tetapi dengan  mengembangkan masyarakat yang nyata di mana warga memiliki kontrol yang berarti dari lingkungan.

Udara
Pentingnya kualitas udara  diilustrasikan dalam kabut asap London tahun 1950-an, yang menyebabkan jumlah kematian yang sangat besar  telah mengatakan bahwa polusi udara memperburuk bronkitis kronis dan asma dan berperan dalam infeksi pernafasan dan kemungkinan kanker paru-paru. Anak-anak mungkin sangat rentan .
Pollutans buatan manusia di udara termasuk partikel asap, belerang dioksida, oksida nitrogen, dan senyawa organik yang mudah menguap. Reaksi ini di atmosfer kemudian menghasilkan aerosol asam dan ozon. Pembangkit listrik batubara dan minyak pembakaran, industri dan sistem pemanas rumah tangga dapat menghasilkan jumlah yang sangat besar partikel dan sulfur dioksida. Kendaraan bermotor merupakan produsen penting dari nitrogen oksida dan berkontribusi pada pembentukan ozon. Keseriusan polusi yang dihasilkan oleh sumber-sumber ini sangat tergantung pada cara di mana bahan bakar yang digunakan, desain dan lokasi tumpukan cerobong asap dan atmosfer.

Polusi dalam skala global
Pemanasan global akibat 'efek rumah kaca' dari karbon dioksida, metana dan gas lainnya di atmosfer dapat mengubah sistem iklim dan mempengaruhi jutaan kesehatan (McMichael 1993)
Penipisan lapisan ozon di atmosfer oleh CFC (chlorofluorocarbonds) dan gas lain buatan manusia, menyebabkan perlindungan terhadap radiasi ultraviolet alami berkurang , dapat diikuti dengan resiko dengan sangat meningkatnya kanker kulit (WHO 1992).

Sampah dan grafiti
Anda mungkin terkejut melihat hal ini dalam daftar faktor yang mempengaruhi kesehatan tetapi tidak ada keraguan bahwa orang-orang tersinggung oleh sampah dan grafiti. Hal-hal ini mungkin tidak menyebabkan penyakit fisik tetapi  mengganggu kenikmatan masyarakat terhadap lingkungan mereka dan membahayakan mental dan  kesejahteraan. Sampah dan grafiti tidak hanya masalah dalam diri mereka, mereka juga adalah masalah dalam masyarakat, menunjukkan perasaan keterasingan dan kurangnya perawatan untuk lingkungan di mana kita hidup.


Sistem transportasi
Pengaruh transportasi terhadap kesehatan harus dilihat dari sudut pandang baik dari orang di dalam kendaraan dan di luar mereka. Mobil yang nyaman untuk pengemudi , memungkinkan perjalanan yang cepat ke lokasi yang tepat  dan biasanya aman. Efek negatif terhadap kesehatan pengemudi kurang lebih sebagian besar dapat diatasi dengan menggunakan waktu yang disimpan dalam perjalanan untuk latihan rekreasi. Masalah kesehatan di mobil sebagian besar berhubungan ke seluruh masyarakat. Pejalan kaki dan pengguna jalan lain yang cenderung menderita lebih jauh dalam kecelakaan lalu lintas dari penghuni mobil apapun yang terlibat. Selanjutnya, lingkungan yang rusak oleh kebutuhan untuk membangun jalan dengan gangguan petugas dan bahaya kesehatan dari kebisingan, debu dan emisi (Wolff dan Gilham 1991).

Beberapa penyakit yang disebabkan karena kekurangan gizi
GIZI
PENYAKIT
Energy
Malnutrisi protein energy
Vitamin C
Curang
Vitamin B
Niasin
Thiamin
Folat

Penyakit yang disebabkan oleh makanan yang kurang baik
Beri-beri
Anemia
Vitamin D
Osteomalacia, rickets
Vitamin A
Xeropthalmia, kebutaan
Yodium
Gondok, kretinisme
Besi
Anemia (biasanya berhubungan dengan kehilangan darah melalui usus)


Memilih makanan yang seimbang
Ada kecurigaan kuat bahwa cara kita makan memegang peranan dalam menyebabkan  penyakit yang umum sekarang. Terlepas dari kenyataan bahwa kebanyakan orang makan makanan yang cukup gizi sehat , seimbang dari diet meningkatkan risiko penyakit. Orang-orang di negeri ini cenderung mengonsumsi makanan yang kaya lemak, terutama lemak jenuh, kaya karbohidrat olahan. Disarankan bahwa jika kami memiliki kecenderungan ini, maka penyakit seperti penyakit jantung (DHSS 1984; James 1988), diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi) dan stroke akan menjadi kurang umum.

Mempertahankan berat badan
Menjadi sangat kelebihan berat badan dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dan peningkatan risiko berbagai penyakit termasuk penyakit jantung, batu empedu, diabetes, asam urat, arthritis, dan komplikasi setelah operasi apapun. Menjadi sangat kurus juga berhubungan dengan peningkatan risiko kematian. orang  yang kelebihan berat badan hanya karena makan terlalu banyak adalah penyederhanaan yang lebih sederhana tetapi memang benar bahwa mengatur berat badan membutuhkan keseimbangan asupan energi (apa yang kita makan) dan pemanfaatan energi (olahraga).
Pandangan tentang berat badan diwarnai oleh sejumlah harapan budaya dan sterotip tidak sedikit membantu . Tidak Ada  keraguan bahwa banyak orang memiliki obsesi yang sangat  dengan berat badan mereka dan membuat diri mereka sengsara dengan upaya mengatasi berulang-ulang untuk menurunkan berat badan dengan berdiet.jika dipikirkan tentang bahaya medis dari kelebihan berat badan dapat memperburuk jika mereka berhasil mengurangi berat badan mereka.

Anak-anak
Pandangan tradisional pembelajaran anak berkonsentrasi pada ruang kelas formal di sekolah. Namun, pengalaman dari tahun pra-sekolah dari fondasi dasar untuk pembelajaran masa depan.
Anak adalah masa pertumbuhan yang sangat cepat-fisik, mental, emosional, dan sosialnya. Adalah penting bahwa tahap perkembangan anak dianggap ketika strategi belajar mengajar  yang sedang dirancang berhasil. Hal ini juga akan diperlukan untuk mempertimbangkan orang tua dan anggota keluarga sebagai unit.
Dewasa
Kebutuhan orang dewasa berbeda dengan anak-anak meskipun ada beberapa kesamaan. Kekayaan pribadi dan pekerjaan.




Tabel mendidik anak
Ciri
Belajar melalui orang tua
Belajar melalui orang tua
Menyediakan lingkungan yang merangsang dengan berbagai bentuk, warna dan benda bertekstur
Belajar melalui peniruan
Di gunakan  untuk mengembangkan gaya hidup sehat
Belajar dari kepentingan dan rasa ingin tahu
1. Libatkan anak dalam memutuskan apa dan bagaimana belajar
2. Membuat belajar menyenangkan
3. Gunakan permainan dan imajinasi
4. Mendorong pengambilan risiko dengan cara yang terkontrol
5. Ajarkan peraturan keselamatan
Belajar dengan baik melalui keterlibatan aktif dan bermain
Mendorong mendongeng dan 'bertindak' prosedur boneka; menggunakan buku mewarnai
Berpikir secara harfiah dan hanya berkaitan dengan hal-hal aktual dan peristiwa
1. Gunakan sederhana, kata-kata langsung
2. jujur ​​- jika itu akan terasa sakit, katakan saja
membutuhkan dukungan yang besar ketika belajar
1. Konsisten menawarkan pujian
2. Jadilah konsisten dalam mengajar
3. Akui
kebijaksanaan anak
Memiliki rentang perhatian pendek
Membuat pengalaman belajar yang berlangsung singkat
seperti contoh dari pengalaman hidup sehari-hari
1. Libatkan pahlawan fiksi
2. Gunakan gambar dan model untuk menjelaskan hal-hal
Mampu berpikir abstrak
Gunakan ilustrasi verbal atau bergambar untuk penjelasan
Berusaha untuk mengembangkan mengidentifikasi sendiri
1. Dorong anak untuk mengontrol pembelajaran
2. Mendorong untuk memikul tanggung jawab untuk belajar



Tua
Sebagai orang tua mereka mengalami perubahan fisik dan fisiologis, sering kali ini terjadi begitu umum bahwa bahkan ketikahasilya  mereka adalah salah satu proses yang lebih patologis, mereka diterima sebagai bagian 'normal' penuaan. Hal ini sangat sulit, karena itu, untuk menentukan apakah karena kompleksitas faktor-faktor nyata dalam proses pembelajaran (lihat tabel di bawah).
Tabel cara mendidik orang dewasa
Ciri
Pedoman pendidik
Biasanya,belajar yang terbaik adalah dengan menyesuaikan keadaan lingkungan
1. Jangan pernah menempatkan individu pada pada keadaan yang mendesak
2. Gunakan gaya percakapan dan terminologi sederhana
3. Bersabarlah dan fleksibel
4. Mengembangkan hubungan yang baik
Belajar paling baik dalam menanggapi kebutuhan yang dirasakan
1. Fokus pertama di daerah masing-masing mengakui sebagai kebutuhan belajar
2. Meningkatkan minat di daerah penting lainnya sebelum mencoba untuk mengajar
Belajar terbaik ketika materi baru terkait dengan orang tua
1. Berkaitan materi baru untuk pengalaman hidup
2. Perkenalkan hanya informasi yang relevan
 terlibat secara aktif
1. Gunakan pendekatan pemecahan masalah
2. Mendorong diskusi dan pertanyaan
3. Berikan arah saja bila diperlukan
Mempertahankan belajar jika dapat, dimanfaatkan dengan segera
1. Memberikan kesempatan untuk latihan dengan umpan balik
2.  Informasi
kehadiran dalam urutan logis
3. Mendorong untuk meringkas
 bertanggung jawab untuk belajar
1. Dorong individu untuk mengendalikan situasi belajar
2. Jangan berharap individu untuk melakukan apa yang guru tidak mampu melakukan
3. Jangan pernah melakukan apa-apa bagi individu yang bisa mereka lakukan untuk diri
4. Ingat bahwa pada akhirnya berubah di seluruh perilaku dengan individu.

1 komentar:

  1. artikelnya bagus dan mudah di pahami oleh para pembaca,,makasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya.bermanfaat,keren.Artikel kesehatan

    ReplyDelete

 

Lady Nang World's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template